martabak rasa kenangan

 

8184306835martabak-bangka
copas dari mbah google

 

 

hari itu, abah membeli martabak manis di martabak hokky untuk orang-orang di pandeglang. sesampainya di pandeglang, bukannya ngasih ke yang lain, aku malah langsung nyomot. nyem, rasanya uenaaaak sekali. dalamnya lembuuut, kejunya nggak banyak jadinya nggak eneg. susu kental manisnya meleleh hingga keluar dari martabaknya. paduan antara keju dengan kental manisnya itu sangat mengharukan enaknya, nikmatnya. indahnya…

tiba-tiba ditengah menikmati makanan legendaris itu, aku teringat tahun tahun ketika aku masih kelas 1 atau 2. aku sering ke pasar bareng ilham dan abah untuk membeli martabak rasa itu. tapi kalau abah pulangnya malam, aku nunggu abah datang bawain martabak dengan rasa itu. waktu di jepang, aku pernah nangis-nangis kangen martabak manis dan lele. lalu saat liburan deonah bawain martabak dari indonesia. aku langsung nyomot lalu nawarin temenku. dia mau. sayangnya saat itu martabaknya nggak anget.(masih inget toh aku)

sekarang memang banyak martabak dengan rasa unik-unik. seperti marshmellow, nuttela (standar sih sekarang), oreo, silver queen dll…

tetapi memang rasa itu tak akan pernah tergantikan. meskipun rasanya standar. mainstream. tak unik, tetapi selalu dihati.

itulah rasa susu keju. rasa kenangan.

代わり なんて いない から (kamu nggak ada gantinya)

–  doraemon kakegae no nai uta 2007

ps: maap ya yang lagi puasa. aku juga kok.

 

diasuh abah

saya anak abah. dan tentunya saya diasuh abah.

bagi saya, diasuh abah itu enaaaak banget!

karena abah saye itu bukan tipe abah yang jaim didepan anaknya. sering masak, bahkan lebih sering daripada ibun (aib ibun ) bapak saya juga sering nyuci baju.

abah juga sering dongengin moni (karakter buatan abah) ke ilham, adek saya.

lalu meng-ut (peluk) anak, padahal anaknya udah gede. yahhh walaupun saye sudah tidak lagi karena udah gede katanya (iyalah) (bapak super langkaaa) (ini aiiib)

abah mengajarkan saya untuk nyari pake mata, tenang dalam setiap keadaan, dan netral. nah yang netral ini punya kisah tersendiri. kisah yang bikin saya nge-fans sama abah iniiii…

jadi saya tuh mendukung suatu kubu, jadi saya setiap hari baca postingan orang yang pro kubu itu. sampai hatinya mengeras. nah saya bilang ke abah. abah saya marah. padahal abah juga mendukung, eh memilih kubu itu. kata abah di postingan kayak gitu banyak hoaxnya. juga terlalu membela. nggak peduli kebenarannya,yang penting bersifat menyudutkan lawan dan membela kubu yg saya dukung itu.

dalam hati saya nggak setuju. tapi bener juga ya, pikir saya saat itu. memang sih, sejak saya sering membaca yang seperti itu, aku jadi nggak bisa menerima kehebatan, kelebihan ataupun suatu yang positif dari kubu lawan. mikirin lawan kubu yg saya dukung langsung penuh amarah. kebakar deh hatinya. juga menganggap yang saya dukung itu sempoerna juga tak ada salah. dan kubu lawan selalu salah. ( padahal mah atuh nggak ada orang yang sempurna juga yang selalu salah…)

padahal abah menyuruh saya untuk netral dan bilang benar tuk yang benar dan salah untuk yang salah. bukan dari sudut pandang kubu ini ato kubu itu tapi dari sudut pandang netral, neeetral… yang belum kemakan hoax. abah juga bilang daripada baca gituan mending belajar buat UN SD.

hmmmm….

saya merasa beruntung bisa punya abah kayak abah.

selamat ulang tahun yang ke-36 abaaah!

 

 

 

kecintaanku pada makanan

pertama kali aku membelinya

di depan tempat les

seharga lima ribu

aku memakannya

enak

sungguh nikmat

aku jatuh cinta pada cilor

aku tahu ini tak sehat

di bumbunya banyak MSG

bahkan mungkin boraks dan formalin

tapi aku tak tahan

oh cilor                                                                                                                                                                   oh ayam krispi                                                                                                                                                            

kalian laksana mentari                                                                                                                                   menerangi hidupku                                                                                                                                           membuat hidupku lebih berwarna

membuatku lebih bahagia     

cilor dengan rasa jagung manis

ayam krispi yang lembut di dalam krenyes di luar

sungguh nikmat

sungguh enak

sangat menggugah selera

kusayang kalian semua

ayam-goreng-renyah
sumbernya google

663x442-coba-yuk-resep-hits-cimol-telur-cilor-ala-rumahan-160413o
sumber : https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/04/13/54385/663×442-coba-yuk-resep-hits-cimol-telur-cilor-ala-rumahan-160413o.jpg

jalan-jalan di jogja

31/12/2016

 

Siang ini aku pulang dari pandeglang, menuju stasiun untuk ke jogja naik kereta bersama abah, ibun dan ilham. Untuk menemui keluarga shafna dan thaya. Karena datang ke stasiun keretanya kecepatan (datangnya maghrib padahal kereta datang jam 09:15), kami terpaksa menunggu lamaaaaaa sekali. Gerah Pulak.

Untungnya sambil menunggu kereta datang kami makan enak dari 7 eleven. Nggak kayak minimarket pada umumnya, di 7 eleven disediakan makanan-makanan enaaak sekali, seperti ayam katsu, onigiri dan pasta. Pokok’e enak!

Saat aku sedang makan (dengan rakus) ada kucing kecil kurus kering. Aku msmberi makan kucing itu ayam. Kucing itu makan dengan lahap. Aku senang lihat kucing itu makan dengan lahap.

 

Setelah makan dan menunggu kereta, akhirnya kereta pun datang. Hatiiiku gembira…

Di kereta aku membaca webtoon dan buku keluarga cemara. Seru sekali bukunya,,

Niat ingin membakar kereta pada tengah malam sebagai ganti bakar2 jagung, aku malah tertidur. Zzz…

Boong, bohong kok!

 

1/1/2017

 

Selamat tahun baru!

Jam limaan pagi, aku dibangunkan abah. Katanya keretanya sudah mau sampai di jogja. Aku langsung siap-siap dan keluar dari kereta begitu sudah sampai di stasiun jogja.

Di stasiun aku solat shubuh. Begitu keluar dari stasiun kami menunggu mobil keluarga shafna datang. Mobbilnya pun datsng.aku bertemu shafna dan thaya. Aku canggung sekali.

Untung tak lama berselang kami sudah tak canggung lagi. Fyuuuh!

ini penampakan kami di rumahnya mbak thaya. gede yak!

Kami ke rumah shafna untuk makan dan mandi lalu kami langsung berangkat ke hutan pinus. Bersama keluarga shafna juga. Ternyata macet!

 

 

Setelah berkutat dengan kemacetan akhirnya kami sampai di hutan pinus. Udaranya segaaar sekali. Di hutan pinus aku makan tiwul ayu. Ada rasa keju, cokelat, gurih, enak!

 

Sesudah main-main di hutan kami berburu sate klathak. Ternyata yang menjual sate klathak pada rame! Ramaaai sekali. Padahal kami sudah memburu sate klathak hingga 3 rumah makan. Semuanya ramai! Apalagi sate klathak pak pong. Laku keras itu.

Akhirnya kami menemukan rumah makan sate klathak yang tersisa satu meja. Alhamdulillaaah…

Masalahnya kami harus menunggu 4 meja terlayani dulu baru kami bisa dilayani. Ndak papa lah. Demi sate klathak.

Kami menunggu selama 1 jam. Lemas. Lama sekali.

Datang juga akhirnya. Sate klathak. Satu porsi tiga satai. Aku makan tiga sate. Enak kenyang. Sedikit terbayarkan kesabaran ini/ lebay

 

Lalu kami ke kraton ratu boko. Capek. Kami foto-foto disana. Sehabis foto-foto dan tidur-tiduran di rumput kami sholat. Dan kami pulang, ke rumah shafna.

tulisannya dihalangin ibu-ibu 😦

cie berduaan… uhhuhuy!

katanya disana sih ada hantunya…

2/1/2016

 

Kemarin pagi-pagi aku dibangunkan abah/ibun untuk solat subuh. Sehabis solat subuh kami sarapan soto sambil menulis catatan perjalanan. Aku juga makan pisang goreng dan kaki naga yang besar. Kaki naga uenak banget!

Kamipun mandi dan siap-siap. Dan kami berangkat ke taman pintar. Disana kami menonton pertunjukan di planetarium. Membosankan. Lalu kami ke gedung oval dan gedung kotak. Disana ada berbagai percobaan. Ada juga game yang basa dimainkan tanpa disentuh. Pokok’e seru sekali!

Setelah berkeliling mencoba percobaan ini dan itu aku dan thaya naik kereta-keretaan. Kami melewati gua yang gelap dan dinosaurus yang (katanyah) mau makan kami. Pertamanya kami takut, namun lama lama ndak seram jugak. Selanjutnya setelah naik kereta- keretaan kami ke tempat kita bisa pura-pura jadi reporter. Direkam dan di-CD kan lho…

ehem ehem berduaan ehem…

 

Lalu kami makan siang. Aku, ilham thaya dan shafna memesan pizza. Saat itu aku sudah lapar sekali. karena menunggu pizzanya lama, jadilah aku meminta-mintai makanan orang lain. Seperti ayam opor punya ibun, nasgor punya abah, jamur krispi punya tante riris dan lain. Dan sehabis makan pizza pun belum puas. Pokoknya aku makan banyak. Enak!

 

Aku ingin eskrim, eskrim, eskrim! Tapi nggak dibolehin.

anak yang mendambakan es krim sehingga membuat eskrim dari tanah liat (kerudung biru)

 

karena aku memaksa, akhirnya kami makan eskrim, setelah dari taman pintar.

wajah bahagia sang pendamba eskrim

Alhamdulillah ternyata dibolehin! Alhamdulillah… Lalu kami ke alun-alun. Disana kami coba main mobil-mobilan yang digoes. Pokoknya kreatif mobilnya!  ini dia penampakannya

 

Lalu kami makan dan main lalu pulang.

 

3/1/2017

 

Hari ini aku, ilham abah dan om faishal ke borobudur. Borobudur sangat bersejarah. Disana kami naik candi borobudur. Borobudur cukup tinggi. Jadinya kami capek menaikinya. Ilham sampai nangis2 karena malas menaikinya. Malu-maluin. Ayam itu.

Di atas borobudur aku melihat pemandangan.

bu, buntuuuuung!

Setelah naik candi borobudur kami turun lalu makan. Lalu sholat. Setelah itu kami mengantar abah dan ibun yang mau honeymoon berduaan di hotel. Katanya mereka mau liat sunrise di puncak borobudur. Hmmm…

Aku pun pulang ke rumah shafna. Disana kami siap-siap mau ke toko buku. Aku mandi lalu makan sambil nonton doraemon. Dan setelah solat maghrib berjamaah di masjid, kami berangkat ke toko buku. Di toko bukaku beli buku. Lalu pulang

 

4/1/2016

 

Pagi-pagi kami berangkat ke lapangan bersama tante riris, shafna dan thaya, untuk memainkan mainan yg dijual di alun-alum kemarin, seru sekali permainannya.

 

Setelah main-main kami ke rempat jajanan. Wuoaaah! Disana kayak surga! Ada banyak makanan dan jajanan, lalalaaaaaa aku terharu. Ada donat gula, susu kedelai, popcorn, kaki naga yg kata itu, hmm kayak di surga. Aku terharu melihatnya. Huhuhuuuu…

Oke oke, aku memilih jajanan kaki naga, susu kedelai dan serabi cokelat. Mengharukan!

Dari tempat jajanan kami beli nasi uduk dan pulang. Di rumah shafna kami makan enak, banyak. Sambil nonton doraemon. Lalu aku mandi karena nanti mau ke museum kereta kuda.

Jam sepuluh an, kami pergi ke museum kereta kuda. Tapi yg masuk cuma aku, ilham dan thaya. Yang lain tetap di mobil. Kami foto-foto disana.

Di mobil, kami memperlihatkan fotonya ke tante riris. Kata tante riris, di fotonya itu ada jin. Kami kaget. Ulululuuuu… Seramnya.

 

Siang pun datang.akhirnya aku kesampaian makan sate pak pong! Yang sangat ramai itu! Alhamdulillah nyaaaah….

Kami duduk anteng menunggu sate datang. Tapi lama juga. Tiba-tiba pesanannya datang. Langsung kulahap itu. Wuuu satenya enak banget! Aku terharu… sayangnya nggak difoto…

itu foto terakhir selama di jogja… 😦

Lalu kami belanja, dan siap-siap pulang.

 

Jam sembilan-an, Kami dadah-dadah ke safna dan keluarganya. Kami mau pulang.

Kamipun pulang menaiki kereta. Ilham kelihatan murung selama di kereta. Hmmm….

Aku tertidur selama perjalanan…

 

Daaaah jogja!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

puisi aneh oleh ABAH

kamarku adalah kamar yang bau.

aku kentut setiap hari di sana.

kata abah harusnya kentut di luar kamar.

tapi karena menurutku kentutku wangi aku terus melakukannya

sampai-sampai AC berubah menjadi AC yang bau

 

pakaianku juga menjadi bau

rambutku penuh dengan kutu

dan para kutu kentut di rambutku

 

hidupku penuh dengan kentut

bahkan Musik studio ghibli pun seperti suara kentut

 

aku menyerah

bahkan tertawakupun seperti kentut, ada baunya

PS: ini dibuat oleh abah bukan oleh AYAL. jangan ditanggapi serius 😦

kamar aku :)

pada tanggal 22 oktober 2016, kami resmi pindah rumah ke vila rizki. rumahnya nyaman juga enak. juga ada taman mininya! lumayan, meskipun tidak bisa lari-larian tapi tetap bisa menikmati pemandangan dari taman kecil yang asri dan hijau juga segar. iyah, lumayan daripada lumanyun.

oh iya, rumahnya juga jadi dekat dengan rumah teman-teman. selain itu, jarak yang diperlukan untuk ke sekolah juga jadi dekat!

3
ini penampakan rumahnya pada malam hari.

nah, masalahnya saat itu aku belum mempunyai kamar sendiri. masih ‘numpang’ di kamar ilham. beruntung tempat tidur ilham tingkat. ya meskipun seringnya tidur bersama-sama di kamar abah. numplek, sambil di’ut’ (peluk dalam bahasa keluarga kami:) walaupun ada pihak yang tidak setuju kami tidur bersama-sama. karena pihak tsb ingin menikmati quality time bersama abah. ya, itu adalah…                                                     ibun! pihak yang sangat sangat kontroversial. sering berbeda pendapat dalam hal perkucingan (baca di blog abah) maupun tidur bersama. selalu kalah satu banding tiga namun sering ngotot walau akhirnya ngalah juga…                                                                                             ya itulah ibun. antimainstream. nikmatilah!

balk ke soal kamarku. kamarku belum jadi. masih dijadikan gudang. abah bekerja keras memindahkan barang di dalam kardus demi menyiapkan kamar anaknya yang tercinta. #uhuk                                                                                                                                                                             dan  akhirnya berkat kerja keras abah dan sedikit sekali kerja kerasku, akhirnya hari ini kamarku pun hampir jadi! walaupun kasurnya belum datang-datang 😦                                                                         beginilah penampakannya…

4.jpg
before
1
oh mana kasurku…

2

 

 

 

pergi ke bromo

catatan: kami – aku, abah, ilham dan ibun.                                                                                                                aku- ya diri sendiri lah…

Aku kemarin waktu masih di Surabaya pergi ke Bromo. Bareng abah, ibun dan ilham. Aku naik kereta dari Surabaya ke Probolinggo dulu, selama 2 jam kira-kira.

setelah sampai di  stasiun probolinggo, kami mencari makan.abah ngusulin tempat yang direkomendasikan google map. hayya… ternyata setelah jalan jauh, rm (rumah makan) nya tutup. sungguh pengalaman yang menyedihkan (lebay…). untungnya sih makanan di rm terdekat itu enaaaak sekali. saus tomat( ?)nya  itu membuat aku senaaaang, bahagia . pokoknya uenaaak sekali.

sesudah makan kami naik angkot, ke tempat ngetemnya elef (sejenis angkot tapi lebih gede). kami naik elef buat ke semacam homestay, namanya istana petani, disana dingiiin sekali, karena homestay-nya ada di gunung. di homestay kami istirahat.

keesokan harinya, sekitar jam 3, kami naik jeep ke suatu tempat (lupa namanya apa) untuk melihat sunrise. kami melihat sunrise yang baguuuuuus sekali. sayangnya sunrisenya nggak kelihatan, karena dihalangin sama bule jaket ijo yang lagi foto-foto, huh.

setelah matahari sudah terbit, kami naik jeep lagi ke gunung bromo (tapi bukan puncaknya). setelah itu aku dan ilham naik kuda ke tempat ada anak tangga yang berjumlah 250. sedangkan abah dan ibun jalan kaki (sabaaaar…). waktu naik kuda, pertamanya aku takut, tapi lama-lama aku jadi ndak begitu takut. akhirnya aku dan ilham nyampe di tempat ada 250 anak tangga. sedangkan ibun dan abah belum datang, jadinya aku dan ilham nungguin.

nah, setelah nunggu, akhirnya abah dan ibun datang. kami mulai naik anak tangga yang berjumlah 250 itu. sebenarnya aku capek, tapi aku waktu melihat bawah rasa capeknya hilang, diganti rasa takut (yang berlebihan). aku takuuuut banget. rasanya kayak mau ada gempa dan jatuh. ibun juga sepertinya takut. akhirnya aku nyampe di puncak. di puncak ada kawah. dekaat sekali. aku takut kalau jatuh.

tiba-tiba gunungnya batuk, jadinya ada suara gede. ibun jongkok dan nutupin kepala, sambil berdoa biar nggak meninggal disana. karena saking ketakutannya, aku dan ibun nggak sempet foto, karena pengen cepet-cepet turun, hehehe. tapi kalau ilham dan abah sempet poto-poto.

aku pas turun takuut sekali.untung aku dipegangin orang belanda. jadinya aku jalan pelan-pelan, jadinya bikin macet antriannya, saya minta maaf.

alhamdulillah, disana orang-orang saling tolong menolong. dari orang belanda, malaysia, orang indonesia, dll. saat aku ketakutan di atas, mereka megangin tanganku, biar nggak takut. aku terharu, orang-orangnya pada baik, saling tolong menolong.

akhirnya aku sampai di bawah, dilanjutkan dengan naik kuda. pas naik kuda, tiba-tiba keberanianku ciut. aku jadi takut naik kuda. pas naik kuda aku teriak-teriak nggak jelas, sampai bapaknya kewalahan. untung di tengah perjalanan udah ndak takut lagi, udah rileks. pulangnya kami ke pasir berbisik dan gurun rumput.

makasih ya, yang sudah nolongin!

catatan: fotonya nanti ya, dimasukinnya.